Beranda | Artikel
Doa yang Pahalanya Tidak Akan Dihapus Sampai Hari Kiamat
Selasa, 16 April 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa yang Pahalanya Tidak Akan Dihapus Sampai Hari Kiamat ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 28 Ramadhan 1445 H / 08 April 2024 M.

Kajian Tentang Doa yang Pahalanya Tidak Akan Dihapus Sampai Hari Kiamat

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ ، أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ 

“Maha Suci Engkau Ya Allah dan semua pujian hanya untukMu Ya Allah, Aku bersaksi tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau Ya Allah, aku mohon ampun kepadaMu Ya Allah dan bertaubat.”

Selama ini kita tahunya inilah doa kafaratul majelis. Doa ini walaupun lebih sering untuk dibaca di akhir majelis, ternyata doa ini juga diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk dibaca setelah wudhu.

Berarti boleh kita baca …اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ sebagaimana kajian sebelumnya, dan juga boleh pula kita membaca doa ini, atau boleh juga disambung.

Inilah pentingnya ngaji. Kalau kita tidak ngaji, kemudian ada orang setelah wudhu di samping kita membaca doa ini, kita menganggap itu salah.

Dalil yang melandasi bahwa doa ini juga dianjurkan untuk dibaca setelah wudhu adalah sabda Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam An-Nasai di dalam Kitab beliau As-Sunan Al-Kubra. Hadits ini dinilai Shahih oleh Imam Al-hakim dan Syaikh Al-Albani.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

من توضأَ فقال: سبحانك اللَّهمَّ وبحمدِك أشهدُ أن لا إلهَ إلا أنت أستغفرُك وأتوبُ إليك، كُتِبَ في رقٍّ ثم طُبِعَ بطابعٍ، فلم يُكْسَرْ إلى يومِ القيامةِ

“Barangsiapa yang berwudhu kemudian dia membaca ‘Subhaanaka Allaahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilayk,’ maka akan ditulis di dalam sebuah kertas lalu distempel dan tidak akan dihapus pahalanya sampai hari kiamat.” (HR. An-Nasa’i)

Selama seseorang masih muslim dan tidak berbuat syirik, maka pahala ini akan tetap dipersiapkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla untuk kita nikmati nanti di hari kiamat.

Bagaimana kandungan doa ini? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/54078-doa-yang-pahalanya-tidak-akan-dihapus-sampai-hari-kiamat/